Jumat, 17 Januari 2014

Khasiat Daun Pepaya


Khasiat Daun Papaya untuk Perempuan.
Daun papaya, iya sapa yang tidak kenal dengan daun yang satu ini. Rasa pahitnya membuat sebagian orang tidak menyukainya. Padahal jika tahu manfaat dari daun papaya ini, maka semua orang akan menyukainya.
Daun papaya atau carica papaya L. memiliki banyak manfaat, terlebih untuk kaum hawa. Selain bisa menyembuhkan penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker, demam berdarah dan pengontrol tekanan darah tinggi, daun papaya juga berkhasiat menyembuhkan jerawat.
Biasanya daun yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara ini dikonsumsi dengn cara direbus menjadi setengah matang. Salah satu hidangan yang biasanya berasal dari bahan daun papaya ini adalah untuk lalapan.
Meski tidak seluruh element masyarakat, khususnya anak-anak tidak menyukai daun ini karena rasanya yang pahit, namun manfaatnya bagi mereka sangat banyak, khususnya dalam meningkatkan nafsu makan.


Seperti yang dilansir dari Hasbiht.com, Cara meracik daun ini untuk penambah nafsu makan buah hati sangat mudah dilakukan. Caranya cukup dengan menyiapkan daun papaya yang masih segar secukupnya, dengan sedikit garam dan air hangat secukupnya.
Setelah bahan disiapkan, campurkan bahan-bahan tersebut lalu ditumbuk atau diblender, setelah itu saring untuk diambil airnya, “Nah hasil air saringan tersebutlah yang bisa digunakan untuk pemanbah nafsu makan” Jelas Rosiha Anwar Sgz, Tribunnews.com.
Selain itu, daun papaya ini juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Masalah yang kerap kali melanda perempuan khususnya anak-anak remaja yang baranjak dewasa. Pengunaan daun papaya ini lebih alami disbanding penggunaan obat-obatan kimia.

Cara membuat obat jerawat dari daun papaya ini tidak sulit dan bisa dilakukan oleh siapapun. Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah mengambil 2-3 lembar daun papaya tua, dijemur dengan kurun waktu yang tidak lama.


Setelah daun dijemur, ambil untuk ditumbuk hingga halus. Tahap selanjutnya, sebelum dioleskan kebagian wajah yang berjerawat tambahkan setengah sendok air, lalu oleskan seperti menggunakan makser, tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.
Selain itu, buah yang biasa disebut dalam bahasa jawa kates ini juga bermanfaat sebagai peredah nyerih haid yang biasa dialami para perempuan ketika menstruasi tiba. Menurut kutipan yang diambil dari ditbuah.hortikultura.deptan.go.id, caranya sangat mudah.
Pertama yang harus disiapkan adalah satu lembar daun papaya, asam jawa, garam secukupnya, dan air. Campurkan seluruh bahan-bahan tersebut, kemudian direbus hingga matang. Untuk mendapatkan hasil yang optimal disarankan untuk meminum hasil rebusan tersebut ketika masih hangat.
Selain itu, daun papaya juga berfungsi untuk menghasilkan ASI yang cukup banyak. Selain daun katuk, yang biasa diminum ibu-ibu hamil dan menyusui, daun papaya juga memiliki khasiat yang tidak kalah penting dalam menghasilkan ASI.
Seperti yang dilansir dari sunpride.co.id, daun papaya dapat sangat membantu dalam pembentukan payudara. Hormon medium dan vitamin A yang terkandung dalam enzim papaya dapat merangsang hormone perempuan untuk menghasilkan ASI lebih banyak khususnya bagi ibu yang sedang menyusui.
Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan diatas, masih banyak manfaat-manfaat yang dapat didapat jika kita sering mengkonsumsi daun pahit ini. Demikian kemurahan Allah SWT dengan menciptakan bumi dengan air, serta ditumbuhkan didalamnya buah-buahan dan makanan agar bisa dimanfaatkan oleh manusia dan sebagai bukti kebesaranNya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar